Cara
mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis ICT
.
Pemanfaatan ICT dalam
pembelajaran biasanya menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat
lunak (software) beserta aplikasinya, seperti: perangkat komputer yang tersambung
dengan jaringan internet, LCD/proyektor, CD pembelajaran, televisi, bahkan
menggunakan web atau situs-situs tertentu dalam internet.
Dalam pembelajaran
berbasis ICT, selain dukungan perangkat keras dan perangkat lunak, dukungan
koneksi berbasis web (internet) juga sangat diperlukan. Hal ini memungkinkan
para siswa dan guru melaksanakan aktifitas pembelajaran tidak harus selalu
bertatap muka secara langsung, akan tetapi bisa dengan cara online yang
tekoneksi dengan jaringan internet.
Dengan adanya jaringan
internet ini seseorang dapat mengakses data apa saja dengan melakukan browsing
ke berbagai penyedia data (server) di berbagai belahan dunia. Beberapa
fasilitas yang tersedia melalui jaringan internet yang bermanfaat untuk
pengembangan pembelajaran adalah
1.
pencarian informasi dengan menggunakan mesin pencari (search engine) termasuk
didalamnya layanan pengelolaan uploud dan download dokumen. Search engine
tersebut diantaranya google, yahoo, altavista, ask, dsb.
2.
layanan kelompok diskusi dengan menggunakan mailing-list.
3.
layanan komunikasi melalui surat elektronik (email). Dalam perkembangannya,
email dipergunakan sebagai pendukung layanan jejaring sosial seperti facebook,
twitter, dsb.
4.
layanan media komunikasi (interaksi) berbasis situs web, seperti blog.
5. ketersediaan aplikasi/progam yang bersifat
freeware (boleh diunduh) untuk media pembelajaran,
seperti aplikasi perhitungan zakat, aplikasi pembelajaran baca tulis
Al-Qur’an, aplikasi perhitungan warisan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar