Klasifikasi media pembelajaran matematika
Kemp &
Dayton (1985 ; internet ) mengklasifikasikan media ke dalam delapan
jenis, yaitu:
1. Media cetakan
Yaitu meliputi bahan-bahan yang disiapkan di
atas kertas untuk pengajaran dan informasi. Misalnya buku teks, lembaran
penuntun, penuntun belajar, penuntun instruktur, brosur, dan teks terpogram.
2. Media pajang
Pada umumnya digunakan untuk menyampaikan pesan
atau informasi di depan kelompok kecil. Misalnya papan tulis, flip chart, papan
magnet, papan kain, papan buletin, dan pameran.
3. OHP dan transparansi
Transparansi yang diproyeksikan adalah visual
baik berupa huruf, lambang, gambar, grafik atau gabungannya pada lembaran
tembus pandang atau plastik yang dipersiapkan untuk diproyeksikan ke sebuah
layar atau dinding.
4. Rekaman audiotape
Pesan dan isi pelajaran dapat direkam pada tape
magnetik sehingga hasil rekaman itu dapat diputar kembali pada saat diinginkan.
5. Seri slide (film bingkai) dan filmstrips
Adalah suatu film transparansi yang berukuran
35 mm dengan bingkai 2 x 2 inci. Bingkai tersebut terbuat dari karton atau
plastik. Film bingkai diproyeksikan melalui slide proyektor. Program kombinasi
film bingkai bersuara pada umumnya berkisar 10 sampai 30 menit dengan jumlah
gambar 10 sampai 100 buah.
6. Penyajian multi-image
Media berbasis visual (image atau perumpamaan)
dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata.
Bentuk visualnya berupa gambar representasi seperti gambar, lukisan atau foto
yang menununjukkan bagaimana suatu benda. Diagram yang melukiskan hubungan
konsep, organisasi, dan struktur materi.
7. Rekaman video dan film hidup
Film atau gambar hidup merupakan gambar-gambar
dalam frame di mana frame demi frame diproyeksikan melalui lensa proyektor
secara mekanis sehingga pada layar terlihat gambar hidup.
8. Komputer
Mesin yang dirancang khusus untuk memanipulasi
yang diberi kode, mesin elektronik yang otomatis melakukan pekerjaan dan
perhitungan sederhana dan rumit. satu unit komputer terdiri atas empat komponen
dasar, yaitu input (keybord dan writing pad), prosesor (CPU: unit pemroses data
yang diinput), penyimpanan data (memori permanen/ROM, sementara RAM), dan
output (monitor, printer).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar