Pemanfaaatan ICT dalam pembelajaran matematika
Pembelajaran menggunakan ICT dapat membantu
siswa untuk dapat mengakses, memilih dan menginterpretasikan informasi;
mengenali pola, hubungan dan perilaku; evaluasi secara cepat dan akurat
sehingga anak bisa langsung memperbaikinya; meningkatkan efisiensi; menjadi
kreatif dan mengambil risiko; memperoleh kepercayaan diri dan kemandirian
tetapi dalam melakukan hal itu anak usia dini masih perlu bimbingan serta
pengawasan orang tua yang ketat.
Selain itu juga, ICT
memberikan nilai manfaat yang sangat banyak. Menurut penelusuran UNESCO (2013),
ada empat manfaat yang dapat diraih melalui penerapan ICT dalam sistem
pendidikan: (1) mempermudah dan memperluas akses terhadap pendidikan; (2)
meningkatkan kesetaraan pendidikan (equity in education); (3) meningkatkan mutu
pembelajaran (the delivery of quality learning and teaching); meningkatkan
profesionalisme guru (teachers’ professional development); dan (4) meningkatkan
efektifitas dan efisiensi manajemen, tata kelola, dan administrasi pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar