Pengertian,
ragam dan fungsi media pembelajaran
matematika berbasis ict
Pengertian
Pembelajaran berbasis ICT( Information and
Communication Technology) adalah
pembelajaran yang berasaskan konsep pembelajaran computer dan multimedia.
ICT merupakan sistem atau teknologi yang dapat mereduksi batasan ruang dan waktu untuk mengambil, memindahkan, menganalisis, menyajikan, menyimpan dan menyampaikan data menjadi sebuah informasi.Teknologi Informasi sama dengan teknologi lainnya, dalam teknologi informasi, informasi merupakan komoditas yang diolah dengan teknologi tersebut. Bentuk dari teknologi adalah kumpulan pengetahuan (knowledge) yang diimplementasikan dalam tumpukan kertas (stacked of papers), atau sekarang berbentuk file-file dalam media penyimpan seperti disket, CD-ROM, flash disk.
ICT merupakan sistem atau teknologi yang dapat mereduksi batasan ruang dan waktu untuk mengambil, memindahkan, menganalisis, menyajikan, menyimpan dan menyampaikan data menjadi sebuah informasi.Teknologi Informasi sama dengan teknologi lainnya, dalam teknologi informasi, informasi merupakan komoditas yang diolah dengan teknologi tersebut. Bentuk dari teknologi adalah kumpulan pengetahuan (knowledge) yang diimplementasikan dalam tumpukan kertas (stacked of papers), atau sekarang berbentuk file-file dalam media penyimpan seperti disket, CD-ROM, flash disk.
Ragam ICT
1.
interactive multimedia instructional(IMMI)
seperti: media teks (papan tulis), audio, video.
2.
E-Media
E-Media (electronic-media) adalah media belajar yang dikemas dalam
bentuk CD-ROM Interaktif. E-Media akan dapat menggali kemampuan individual
siswa serta menimbulkan daya tarik, sehingga diharapkan dapat melahirkan
motivasi bagi siswa dalam meningkatkan prestasi dan hasil belajarnya.
3. E-Learning.
E-learning adalah
sebuah proses pembelajaran yang berbasis elektronik. Salah satu media yang
digunakan adalah jaringan computer (intranet atau internet). Dengan
dikembangkannya di jaringan komputer memungkinkan untuk dikembangkan dalam
bentuk berbasis web.
Fungsi
Dapat menarik dan meningkatkan motivasi belajar anak, khususnya ketika anak
belajar tentang konsep-konsep yang berkaitan dengan matematika. Akan tetapi
orang tua dan guru harus tetap cermat dalam memilih program-program yang
disajikan melalui website yang terdapat di internet..
Pembelajaran menggunakan ICT juga dapat membantu siswa untuk dapat
mengakses, memilih dan menginterpretasikan informasi; mengenali pola, hubungan
dan perilaku; evaluasi secara cepat dan akurat sehingga anak bisa langsung
memperbaikinya; meningkatkan efisiensi; menjadi kreatif dan mengambil risiko; memperoleh
kepercayaan diri dan kemandirian tetapi dalam melakukan hal itu anak usia dini
masih perlu bimbingan serta pengawasan orang tua yang ketat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar